Manfaat kacang hijau

29 July 2008


Tadi pagi-pagi sekitar jam 7-an,perut gw bunyi...hehehe.laper..yawda, gw ajak temen gw makan burjo alias bubur kacang hijau. Gak tau kenapa, tapi gw seneng banget ma burjo...kayaknya sih kebanyakan orang Indonesia suka..ya ga ya dong...hehehe. Tapi jangan asal makan, kita juga harus tau apa sih sebenarnya manfaat dari kacang hijau. Jadi biar lebih nikmat makannya...hehehe


Sebagai makanan, tanaman yang diperkirakan berasal dari India ini menghasilkan berbagai masakan. Mulai dari aneka panganan kecil, bubur, sampai kolak. Namun selain rasanya yang gurih dan lezat, kacang hijau dan kecambahnya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, diantaranya:

Nutrisi Penting
Kacang hijau atau Phaseolus Aureus berasal dari Famili Leguminoseae alias polong-polongan. Kandungan proteinnya cukup tinggi dan merupakan sumber mineral penting, antara lain; kalsium dan fosfor yang sangat diperlukan tubuh. Sedangkan kandungan lemaknya merupakan asam lemak tak jenuh, sehingga aman dikonsumsi oleh orang yang memiliki masalah kelebihan berat badan.

Protein Tinggi
Kacang hijau mengandung protein tinggi, sebanyak 24%. Dalam menu masyarakat sehari-hari, kacang-kacangan adalah alternatif sumber protein nabati terbaik. Secara tradisi, ibu-ibu hamil sering dianjurkan mengonsumsi kacang hijau agar bayi yang dilahirkan mempunyai rambut lebat. Pertumbuhan sel-sel tubuh termasuk sel rambut memerlukan gizi yang baik terutama protein, dan karena kacang hijau kaya akan protein maka keinginan untuk mempunyai bayi berambut tebal akan terwujud.

Kalsium dan Fosfor
Kandungan kalsium dan fosfor pada kacang hijau bermanfaat untuk memperkuat tulang.

Lemak Rendah
Sangat baik bagi orang yang ingin menghindari konsumsi lemak tinggi. Kadar lemak yang rendah dalam kacang hijau menyebabkan bahan makanan/minuman yang terbuat dari kacang hijau tidak mudah tengik. Lemak kacang hijau tersusun atas 73% asam lemak tak jenuh dan 27% asam lemak jenuh. Umumnya kacang-kacangan memang mengandung lemak tak jenuh tinggi. Asupan lemak tak jenuh tinggi penting untuk menjaga kesehatan jantung.

Vitamin B1 (tiamin)
Untuk pertumbuhan. Pada awalnya vitamin B1 dikenal sebagai anti beri-beri. Selanjutnya dibuktikan bahwa vitamin B1 juga bermanfaat untuk membantu proses pertumbuhan. Defisiensi vitamin B1 dapat mengganggu proses pencernaan makanan dan selanjutnya dapat berdampak buruk bagi pertumbuhan. Dengan meningkatkan asupan bahan makanan yang banyak mengandung vitamin B1, seperti kacang hijau, hambatan pertumbuhan pun dapat diperbaiki.

Meningkatkan nafsu makan dan memperbaiki saluran pencernaan.
Secara tak langsung peran ini sangat berkaitan dengan efek perbaikan pertumbuhan badan. Penelitian mengungkapkan bahwa defisiensi vitamin B1 menyebabkan waktu pengosongan lambung dan usus dua kali lebih lambat yang mengindikasikan sulitnya proses pencernaan makanan yang terjadi sehingga kemungkinan makanan tersebut tidak dapat diserap dengan baik.

Sumber energi
Vitamin B1 adalah bagian dari koenzim yang berperan penting dalam oksidasi karbohidrat untuk diubah menjadi energi. Tanpa kehadiran vitamin B1 tubuh akan mengalami kesulitan dalam memecah karbohidrat.

Memaksimalkan kerja syaraf
Tanda-tanda pertama orang yang kekurangan vitamin B1 adalah penurunan kerja syaraf. Kegiatan syaraf terganggu karena oksidasi karbohidrat terhambat. Penelitian pada sekelompok orang yang makanannya kurang cukup mengandung vitamin B1 dalam waktu singkat muncul gejala-gejala mudah tersinggung, tidak mampu memusatkan pikiran, dan kurang bersemangat. Hal ini mirip dengan tanda-tanda orang stress.

Vitamin B2 (riboflavin)
Membantu penyerapan protein di dalam tubuh
Salah satu teori menyebutkan bahwa vitamin B2 dapat membantu penyerapan protein di dalam tubuh. Kehadiran vitamin B2 akan meningkatkan pemanfaatan protein sehingga penyerapannya menjadi lebih efisien.

Tidak kalah dengan kacangnya, kecambahnya juga memiliki manfaat seperti:
-Antioksidan yang terkandung di dalamnya dapat membantu memperlambat proses penuaan dan mencegah penyebaran sel kanker.
-Kandungan vitamin E-nya membantu meningkatkan kesuburan.
-Sangat baik untuk menjaga keasaman lambung dan memperlancar pencernaan. karena bersifat alkalis (basa).
-Untuk kecantikan, yaitu membantu meremajakan dan menghaluskan kulit, menghilangkan noda-noda hitam pada wajah, menyembuhkan jerawat, menyuburkan rambut dan melangsingkan tubuh.

So...banyak banget kan manfaatnya? Ayo dari sekarang banyakin makan kacang hijau....gak rugi kok makannya. Q ada usul nih buat orang yang gak suka makan bubur kacang hijau...dibuat puding aja...nih gw kasih resepnya...

1. Puding Kacang Hijau Saus Buah Segar
Bahan

Kacang hijau (rebus matang, blender) : 50 gr
Agar-agar putih : 1 bungkus
Gula pasir : 100 gr
Air : 500 cc

Saus

Air : 200 cc
Susu kental manis (putih) : 2 sachet
Tepung maizena (encerkan) : 1 sendok makan
Melon roxy (potong-potong bentuk bulat) : 1 buah
Buah cherry (manisan) : secukupnya

Cara Membuat

Rebus satu bungkus agar-agar putih dengan 500 cc air dan gula pasir. Setelah mendidih masukkan kacang hijau, cetak sesuai selera.
SAUS : Panaskan air, kentalkan dengan tepung maizena, setelah mendidih turunkan dari api, lalu masukkan buah segar. Terakhir masukkan susu kental manis.
Saran penyajian, letakkan puding di mangkuk lalu siram dengan saus buah.

ada lagi nih....

2.Puding Kacang Hijau
Bahan:
25 gr kacang hijau, rebus dengan 250 ml air hingga lunak, tiriskan, ukur beratnya 50 gram
100 gr gula pasir
1 bks agar-agar warna putih
1 sdm tepung maizena
300 ml santan
1 lbr daun pandan, sobek-sobek

Vla:
300 ml santan
75 gr gula pasir
1 lbr daun pandan, sobek-sobek
1/4 sdt garam
2 sdm maizena, cairkan

Cara membuat:
1. Campur gula pasir, agar-agar, daun pandan dan santan, masak hingga mendidih, masukkan tepung maizena, didihkan hingga mengental, angkat. Masukkan kacang hijau, aduk rata, tuang dalam cetakan. Dinginkan.
2. Vla: campur santan, gula pasir, daun pandan, dan garam, masak sambil diaduk hingga mendidih, masukkan tepung maizena cair, didihkan sebentar, angkat.
3. Sajikan puding kacang hijau dengan vla.

Gimana? Selamat mencoba....

(conectique,resep makanan sehat)

Komentar :

ada 11 comments ke “Manfaat kacang hijau”
Jonathan Haryanto said...
pada hari 

Luar biasa! Kacang ijo dapat mencegah atau mengobati kanker. Tapi, orang yang terkena penyakit asam urat sebaiknya menghindari kacang ijo.

linda do4nk said...
pada hari 

akhirnya bisa jg komen, aq ska bgttt kacang ijo...enakkk, manfaatnya jg ok, thank 4shared :)

Anonymous said...
pada hari 

ini... ini makanan kesuakaan waktu yang pas buat makan pengganjal perut sehabis pulang kuliah... laper2 siang2 enaknya makan bubur kacang ijooo di campur es.. weleh2

pulzzahut said...
pada hari 

kebetulan aku juga holic sama jenis makanan ini. bubur kacang ijo

Industrial Maintenance said...
pada hari 

banyak sekali manfaatnya, terimakasih yaa

motivator indonesia said...
pada hari 

infonya sangat bermanfaat sekali, terimakasih yaa

security service said...
pada hari 

makasih banyak untuk infonyaa

Armstrong said...
pada hari 

sangat bermanfaat, terimakasih banyak

saraf kejepit said...
pada hari 

wah keren, makasih yaa

Belajar Forex said...
pada hari 

makasih untuk infonyaa

percetakan jakarta said...
pada hari 

sangat bermanfaat, makasih yaa

Post a Comment

jangan lupa comment-nya ya.... Terima kasih...