Perawatan Mata....

30 July 2008


Gw udah seminggu ini ngadepin komputer mulu...bisa 5-6 jam di depan komputer...ngepost,main games,nyari2 gambar lucu...kayaknya udah nambah nih minus mata gw...hiks...sampe akhirnya gw mutusin untuk cari artikel tentang perawatan mata.Penting juga lho...jangan cuma muka aja yang dirawat. Mata juga...Nih gw sharing deh...tapi dibaca....


Kata orang nih...mata adalah jendela hati. Ungkapan ini kayaknya gak terlalu berlebihan, karena mata begitu jujur mengungkapkan apa yang tersimpan dalam hati seseorang. Tentunya semua itu selain fungsi utama mata sendiri, yaitu untuk melihat.

Indera penglihatan ini memang begitu penting, karena apa yang dilihat akan langsung akan turun ke otak,-bukan hanya turun ke hati - sehingga apapun yang dilakukan tubuh pasti adalah hasil dari panduan sepasang mata Anda.

Untuk menjaga agar fungsi utama mata tetap terjaga dengan baik dan mata pun tetap indah serta terhindar dari mata lelah, pegal, kering ataupun kabur dalam menangkap obyek, banyak hal yang bisa dilakukan. Walaupun terlihat simple, tetapi jangan pernah mengganggap remeh yang meluputkannya.

BERATNYA TUGAS MATA

Tahukah Anda bahwa otot mata kita terdiri dari tiga otot eksternal yang mengatur gerakan bola mata? Ketiga otot ini pulalah yang akan bekerja keras ketika Anda bekerja selama di depan komputer selama tiga jam sehari secara kontinyu.

Ketika Anda memforsir sepasang mata ini untuk bekerja terus menerus tanpa istirahat, maka otot-otot tersebut akan bekerja ekstra keras lagi. Ini masih ditambah lagi bila Anda bekerja di ruangan ber-AC ataupun harus berurusan dengan debu dan asap rokok.

Bila sudah terlalu lelah, maka kemampuan fokus mata pun akan menurun. Bukan tidak mungkin Anda akan mengeluh sakit kepala, penglihatan menjadi kabur secara permanen sehingga harus memakai kacamata, ataupun malah menambah ukuran minus/plus kacamata (gw banget nih...).

YUK RAWAT!

Memiliki mata yang sehat adalah hadiah terbaik untuk Anda. Untuk itu mengapa merawat sepasang indera penglihatan ini tidak dilakukan sejak dini? Simak tips kecilnya:

Jangan forsir mata Anda. Berikan istirahat secukupnya secara berkala walaupun hanya dengan sekedar memejamkan mata selama beberapa menit, bahkan sebelum mata Anda terasa lelah.

*Penelitian di Amerika menemukan bahwa rata-rata pengguna komputer hanya mengedipkan mata mereka 5 kali permenit. Padahal normalnya adalah 12 kali permenit. Mengedipkan mata sangat penting untuk mengurangi resiko mata lelah dan kering. Karena semakin lama mata terbuka terus menerus tanpa berkedip, maka kemungkinan kornea mata mengalami dehidrasi akan semakin tinggi.

*Berikan batasan waktu ketika membaca buku ataupun bekerja di depan monitor (komputer, monitor pengawas, termasuk juga televisi). Hindari 'memelototi' buku atapun monitor terus menerus secara nonstop.

*Atur jarak dan pencahayaan dari monitor. Pencahayaan yang terlalu terang ataupun terlalu gelap akan memaksa otot mata bekerja ekstra dan mudah lelah.

*Untuk meminimalisasi cahaya dari luar yang menyilaukan, gunakan lapisan antirefleksi. Misalnya memasang kaca film yang meneduhkan pada kaca depan mobil Anda.

*Bila sudah memandang obyek dalam jarak dekat terlalu lama, istirahatkan mata Anda dengan memandang obyek yang ada di kejauhan.

*Seperti halnya gigi, mata pun berhak mendapatkan pemeriksaan berkala. Periksakan sepasang mata Anda ke dokter mata paling tidak 6 bulan sekali.

Memakai kacamata ataupun normal, sepasang mata indah bola pingpong milik Anda patut mendapatkan perawatan agar tetap sehat, jeli dan indah.

Hiks...mata gw...kayaknya gw perlu ke pantai nih....biar ngurangin minus mata gw...melihatpemandangan dari kejauhan...wuih...senengnya... tapi yang jadi masalah, temen gw semua pulang....gw sendiri...yawda deh...ngeliat cowok ganteng dari jauh aja...wkwkwk...yang ada juga bapak-bapak penjaga kost...hahaha

moga bermanfaat....jangan lupa comment-nya ya...

Komentar :

ada 2 comments ke “Perawatan Mata....”
obat herbal asam urat said...
pada hari 

thank eaaa....info-nya,,,sangat bermanfa'at bagi saya..yang lebih banyak menatapi komputer seharian...

zie yaaz said...
pada hari 

mantap nihhh izin copas yahh :D

Post a Comment

jangan lupa comment-nya ya.... Terima kasih...