Tips merawat kuku

15 August 2008


Lihat deh kukumu...Apakah kuku-kuku itu kuat dan tampak sehat? Atau kuku kamu rapuh, bertekstur kasar dan punya warna dan bentuk yang berbeda antara satu dengan yang lainnya? Kondisi tersebut mengindikasikan kurangnya perawatan yang dilakukan pada kuku. Tetapi ada pula kerusakan pada kuku yang mengindikasikan akan suatu penyakit yang diderita.

Tapi sebelum kita mempelajari bagaimana cara merawatnya, lebih baik kita tahu dulu bagian-bagian dari kuku yang sehat...

Kuku sehat terdiri dari :
Nail plate => Lapisan terluar dari sebuah kuku
Nail folds => Kulit yang membingkai kuku Anda
Nail bed => Lapisan kulit yang berada di bagian bawah kuku
Kutikula => Lapisan yang melapisi kuku, melindungi sel keratin baru
Lunula => Bagian yang berbentuk setengah lingkaran di bagian dasar kuku


Tidak ada sebuah produk yang ada,langsung membuat kuku kuat dan sehat tanpa adanya perawatan yang Anda lakukan terhadapnya. Jika Anda ingin menjaga kuku tetap sehat, berikut beberapa hal yang harus Anda ketahui :

o Jangan lukai kuku Anda. Jangan gunakan kuku untuk membuka sesuatu, terutama benda keras atau menarik sesuatu walau sekuat apapun kuku Anda.

o Jangan gigit kuku Anda . Kebiasaan ini akan merusak nail bed kuku Anda. Selain kotor dan bisa membuat Anda sakit (kotoran di bawah kuku dapat tertelan jika Anda menggunakan tangan untuk makan), kebiasaan ini akan membuat kuku menjadi pendek, dan membuat bakteri atau jamur bisa masuk ke dalam nail bed Anda dan timbul infeksi.

o Lindungi kuku Anda. Jika Anda akan bersentuhan cukup lama dengan bahan-bahan kimia, lindungi selalu tangan dan kuku Anda dengan sarung tangan plastik.

o Lakukan perawatan. Potonglah kuku secara rutin, jangan menunggu sampai kuku menjadi panjang. Gunakan pemotong kuku yang tajam, lalu pengikir untuk menghaluskan sudutnya. Jangan pernah menarik kuku yang separuh terpotong, karena malah akan merusak jaringan baru yang terbentuk dari kuku Anda.

o Berikan pelembap. Kuku seperti kulit, yang juga memerlukan pelembap. Oleskan pelembap pada kuku sama seperti ketika Anda mengoleskan hand lotion pada tangan Anda. Ulangi lagi proses tersebut setiap kali Anda selesai mencuci tangan.

Bahkan kuku yang mudah patah dan rapuh pun bisa dikembalikan kekuatannya. Berikut beberapa langkah untuk memperkuat kuku:
- Jaga agar kuku Anda tetap pendek, berbentuk kotak, dengan ujung melingkar. Potong kuku setelah mandi, atau setelah direndam dalam minyak mandi selama 15 menit , karena saat itu adalah saat kuku dalam keadaan paling lembap. Oleskan hand & nail lotion sesudahnya.

- Oleskan nail lotion pada lapisan kutikula kuku saat sebelum tidur lalu lindungi kuku Anda dengan menggunakan sarung tangan dari bahan katun.

- Aplikasikan penguat kuku tetapi hindari produk yang mengandung toluene sulfonamide atau formaldehyde. Bahan kimia ini dapat menyebabkan iritasi pada kulit Anda.

- Jangan gunakan nail remover atau acetone lebih dari 2 kali sebulan karena bahan itu membuat kering kuku Anda dan merapuhkannya. Jika pewarna kuku Anda mulai terkelupas, oleskan kembali dengan menimpa langsung pewarna kuku sebelumnya.

Selain itu ada lagi nih cara-cara merawat kuku....
* Untuk mencegah kuku rusak, hindari cairan penghapus kuteks yang mengandung bahan kimia maupun deterjen, karena akan membuat kuku menjadi kering.

*Untuk mempercepat pemulihan, potong pendek kuku Anda, gosok dan oleskan minyak atau krem mengandung vitamin E dua kali sehari. Cobalah untuk tidak memakai kuteks secara terus menerus hingga tiga sampai empat minggu.

*Untuk mendapatkan warna kuku yang sehat (merah muda), gosoklah air jeruk sitrun segar di sekitar dasar kuku.

*Biarkan kuku 'bernapas' atau terbebas dari pewarna kuku. Paling tidak satu hari dalam semingu dan seminggu dalam sebulan.

*Untuk mencegah kuku rapuh, rendam kuku selama lima menit di dalam cairan minyak zaitun atau apple cider vinerga (cuka apel) yang telah dihangatkan.

*Agar kuku jangan kotor dan tetap terlindungi, gunakan sarung tangan plastik saat Anda membersihkan dapur, mencuci piring makan, dan bekerja di kebun.

Kesehatan kuku dapat merefleksikan kesehatan badan kita secara keseluruhan. Merawatnya secara rutin serta mengkonsumsi protein adalah dua cara meminimkan risiko kerapuhan pada kuku.

Yang harus dilakukan :
• Sebelum melakukan pekerjaan kotor, seperti membersihkan rumah atau berkebun, tancapkan kuku ke sabun batang. Hal ini berguna untuk mencegah kotoran melekat di kuku dan juga membuat lebih mudah dibersihkan.
• Oleskan minyak zaitun pada kuku kapanpun Anda sempat guna menguatkannya.
• Pakai hand body segera setelah mencuci tangan atau piring.
• Simpan peralatan manicure di tempat tertutup agar terlindung kuman yang dapat menyebabkan infeksi.
• Sesekali, biarkan kuku-kuku Anda terbebas dari cat kuku untuk membuatnya bernafas.
• Gunakan pelembab untuk mengatasi kuku dan kutikula yang kering.
• Agar cat kuku bertahan lama, sewaktu hendak mandi lembutkan dengan sedikit krim kulit.

Yang sebaiknya tidak dilakukan :
• Jangan potong kuku jika sudah pendek.
• Jangan menggigiti kuku
• Jangan memotong kutikula dengan gunting
• Jangan bersihkan kuku dengan benda tajam - gunakan sikat kuku untuk membersikannya.
• Jangan menghilangkan cat kuku dengan benda tajam, sebaiknya gunakan cairan penghapus khusus untuk cat kuku.
• Jangan biarkan tangan Anda bersentuhan dengan deterjen terlalu lama.
• Jangan mencuci pakaian atau peralatan dengan air panas.

(conectique,hers magazine)

Komentar :

ada 2 comments ke “Tips merawat kuku”
infogue said...
pada hari 

artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
Artikel kecantikan terhangat
Artikel anda di infogue

anda bisa promosikan artikel anda di http://www.infogue.com/ yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!

Anonymous said...
pada hari 

hmm .
kak ,,
kutikula tu apaan ??

magklum ,, mci esde ..

Post a Comment

jangan lupa comment-nya ya.... Terima kasih...