iPhone Hacking Tutorial : How to Unlock It

20 September 2008


Awalnya gw ragu buat masukin postingan ini... Karena ada “pepatah” bilang, “ Blogger Is Not Hacker “... Tapi apa salahnya jika posting ini bisa berguna buat orang banyak. Setidaknya gw pengen berbagi ilmu buat temen-temen...

iPhone memang cukup fenomenal. Telepon seluler pertama yang dikeluarkan oleh Apple ini memang mempunyai banyak kelebihan. Fitur multi-touch, layar gede, desain cakep, wifi, dll.. Tapi, iPhone juga punya kekurangan yang tidak sedikit pula.. Pada generasi awalnya ( iPhone non-3G ), barang ini dibandrol dengan harga selangit. Selain itu, iPhone juga boros baterai ( katanya sih... ). Sampai akhirnya muncul generasi keduanya ( iPhone 3G ), iPhone masih tetep punya kekurangan, di antaranya belum bisa video recording, belum bisa dipake buat MMS...

Di antara kekurangan tersebut, mungkin yang cukup mengganggu ( buat yang udah nyoba ) adalah adanya keterikatan untuk memakai iPhone itu sendiri. Maksudnya, kita diharuskan berlangganan layanan operator seluler yang hanya ditunjuk oleh Apple aja ( gak bisa sembarang pakai SIM card ) dan kita gak bisa dengan sembarang menginstall aplikasi ke dalamnya.

Dengan tutorial ini, kalian akan bisa menggunakan iPhone dengan SIM card apa aja, plus kalian akan mendapat akses untuk menginstall aplikasi yang sebelumnya gak bisa dilakukan, seperti aplikasi yang bisa menghubungkan iPhone ke laptop untuk akses internet.


Langsung aja kita mulai yukk...

PERINGATAN : Sebelumnya gw ingatin bahwa proses ini akan menghilangkan semua garansi dan ada kemungkinan kecil merusak iPhone kalian.

Gw tidak bertanggung jawab atas kesalahan yang disebabkan gagal dalam proses hacking ini. Artikel ini gw kutip sepenuhnya dari PcWorld Magazine ( www.pcworld.com ). Sebelum memulai proses hacking, ada baiknya kalian membaca PC World Magazine edisi Oktober 2008 dan mencari info sebanyak-banyaknya dari forum-forum yang tersebar di internet atau temen-temen pengguna Mac/iPhone.

Sebelumnya, kalian butuh sebuah Macintosh.. Macbook, iMac, atau MacPro juga bisa.. Kenapa harus Mac? Ya, tutorial ini hanya bisa dilakukan jika ada komputer dari Apple tersebut... Gak punya? Pinjem temen aja yuk.. Hehe...

Jika sudah siap, hubungkan iPhone dengan Mac, dan sinkronisasi-kan iPhone dengan iTunes, kemudian Ctrl-Click untuk membuat backup software.
( Note : Jangan update iTunes ke versi 8 !! Menurut Softpedia, iTunes 8 dapat mendeteksi PwnageTool, program yang dibutuhkan dalam proses hacking ini, sehingga hacking tidak akan bisa dilakukan )

Kalian butuh program yang namanya PwnageTool ( bisa dicari infonya dari http://find.pcworld.com/61426 ). Kalian juga memerlukan firmware original dari iPhone kalian. Caranya, dengan mengklik dan pilih Restore di iTunes. Setelah itu, cari di internet dengan keyword “bl39.bin and bl46.bin iPhone boot-loader download“, dan download kedua file tersebut.

Lalu, kalian harus melakukan verifikasi bahwa file .ipsw ( firmware )dan file .bin yang telah kalian download akan berjalan dengan benar, dengan mengecek dari daftar yang ada di website PwnageTool.

Jalankan program PwnageTool dan pilih iPhone kalian. Klik tanda panah ke kanan untuk proses selanjutnya. PwnageTool akan mencari secara otomatis file .ipsw yang kalian download sebelumnya, jika tidak, browse secara manual. Pilih file .ipsw, dan klik panah ke kanan. Pada proses selanjutnya klik No untuk menghentikan pencarian boot-loader, dan browse file .bin secara manual. Klik Yes untuk proses membuat file .ipsw yang baru, dan masukkan password admin kalian.

Huff... Istirahat bentar... Ehem, ehem.... Lanjut...

Setelah program PwnageTool meminta untuk menghubungkan iPhone, ikuti petunjuk di layar untuk mematikan iPhone, pencet tombol power diikuti tombol Home, dan melepaskannya sesuai urutan tadi.

Kemudian, kembali ke iTunes... pencet dan tahan tombol Option di keyboard dan klik Restore. Pilih file .ipsw yang baru ( biasanya ada di desktop ) dan pilih Open. Setelah beberapa menit, iTunes akan merestart iPhone kalian dan akan menanyakan backup file ( yang kalian buat pada awal proses hacking ) untuk mengembalikan data-data lama atau kalian juga bisa mengabaikannya jika mau...

Dan, Banzai.... iPhone “baru“ kalian sekarang bisa digunakan dengan SIM card apapun ( yang GSM tentunya... ) dan aplikasi yang belum di-approve oleh Apple bisa diinstall ke dalam iPhone...

( Nobuo Okta )


Komentar :

ada 2 comments ke “iPhone Hacking Tutorial : How to Unlock It”
synna said...
pada hari 

pengen deh iphone. tp kayakny terlalu canggih ya buat anak SMA. hahaha

dimas said...
pada hari 

mantap.. posting tentang hacking..

Post a Comment

jangan lupa comment-nya ya.... Terima kasih...