Hewan Spesies Terbaru di Dunia

22 August 2008

Di Beijing, sejenis burung murai dengan bulu dada berwarna merah yang hidup di hutan Gabon telah menjadi spesies terbaru di dunia yang ditemukan oleh manusia.

Mengutip satu studi di dalam jurnal Zootaxa, burung kecil itu, yang memiliki panjang tubuh 11,43 sentimeter dan berat rata-rata 14 gram, dikonfirmasi berdasarkan pemeriksaan genetika sebagai spesies unik.



Hewan tersebut ditemukan oleh tim Smithsonian Institution, ketika tim itu sedang melakukan studi mengenai keragaman hayati di hutan tersebut, kata Brian Schmidt, ahli ilmu burung yang menjadi peneliti di National Museum of Natural History, Smithsonian.

Para ilmuwan itu telah memberi burung tersebut nama burung murai hutan yang didukung pohon zaitu atau Stiphrornis pyrrholaemus.

Menurut para ilmuwan tersebut, burung jantan memiliki bulu dada dan bulu tenggorokan berwarna oranye terang, bulu perut kuning, bulu punggung abu-abu dan kepala berwarna hitam. Burung betina serupa, tapi tak terlalu terang. Ciri berbeda spesies itu adalah titik putih di bagian depan masing-masing matanya.

(mediaIndonesia)

Komentar :

ada 0 comments ke “Hewan Spesies Terbaru di Dunia”

Post a Comment

jangan lupa comment-nya ya.... Terima kasih...