Sehat dengan tertawa....

26 August 2008

Tertawa...ini merupakan pekerjaan yang paling mudah dilakukan..kecuali untuk orang yang lagi sedih...pasti susah banget buat ketawa. Tapi tahukah Anda bahwa tertawa itu bisa melepas stres, membuat orang lebih sehat dan awet muda. Tidak percaya? Hmm...buktikan aja nih....


Beberapa penelitian membuktikan :

1. Tertawa membantu membakar kalori

Dalam salah satu artikel, kantor berita asing Reuters menyebutkan tertawa keras dan terbahak-bahak selama 10 sampai 15 menit bisa membakar sekitar 10-40 kalori.

"Kami telah menghitung, bila diterapkan setiap hari selama satu tahun, cara tersebut sama dengan mengurangi sekitar 2 kilogram berat badan," kata Dr Maciej Buchowski dari Vanderbilt University Medical Center di Nashville, Tennessee, ketika berbicara pada sebuah konferensi yang membahas masalah kegemukan.

2. Penghilang stres

Tertawa yang berasal dari dalam hati dan bukan sekadar basa-basi ternyata bisa mengurangi tingkat stres. Tertawa juga bisa membantu menghindari serangan hipertensi.

3. Memperbanyak kekebalan tubuh

Tertawa pada dasarnya membawa keseimbangan pada semua komponen dalam sistem kekebalan tubuh. Jadi, tertawa itu bisa berfungsi seperti vitamin C.

4. Menurunkan kadar gula

Peneliti dari Jepang yang dipimpin Dr Keiko Hayashi dari Universitas Tsukuba melaporkan, tertawa juga bisa menekan kadar gula darah dalam tubuh. Menurut Hayashi, kadar darah pengidap diabetes tipe 2 mengalami sedikit kenaikan ketika mereka makan. Namun, kenaikan itu bisa dikendalikan bila mereka menonton pertunjukan lawak ketimbang sinetron yang membosankan.

5. Membuat awet muda

Pernah dengar dengan mitos, "banyak tertawa, awet muda", tampaknya hal tersebut bukan sekeda mitos. Tawa yang tulus ternyata bisa menjadi alternatif senam wajah. Hasilnya, otot lebih lentur dan wajah pun lebih cerah. Semua itu akan membantu menghambat proses penuaan.

Selain itu tertawa juga dijadikan terapi lho...Teknik ini dikembangkan oleh RS Dharma Graha. Biasanya dianjurkan dilakukan dalam grup minimal lima hingga 10 orang ke atas. Pemandu yang menguasai materi, mampu dan mudah tertawa amat diperlukan dan harus mengemukakan pada seluruh kelompok bahwa akan dilakukan terapi tertawa.
Sebelum dimulai tertawa bersama, harus dilakukan pernapasan dengan latihan pernapasan yang meliputi pernapasan perut atau pernapasan diafragma. Kemudian pemandu memberi aba-aba untuk tertawa bersama-sama, sekeras-keras dan selebar-lebarnya. Bila grup kurang kompak, maka tertawa akan berlangsung singkat. Bila hal itu terjadi, perlu diulangi dengan mulai latihan pernapasan dan pemandu memberi kode untuk tertawa dengan nada haa-haa-haa-hii-hii-hii-huu-huu-huu lalu tertawalah sekeras-kerasnya.

Ada pantangan dalam terapi ini, jangan dilakukan bila grup kurang dari lima. Jangan mentertawakan orang lain dan tidak perlu joke yang konyol atau basi yang dapat membuat marah teman grup. Terapi tertawa membuat muka menjadi relaksasi, kerut-kerut hilang tampak awet muda kembali.

Tertawa dalam 5-10 menit dapat merangsang pengeluaran endorphin, serotin ditambah melatonin. Yang merupakan zat kimia positif. Release dari zat tersebut menyebabkan perasaan tenang dan tenteram. Tertawa juga mengurangi pengeluaran adrenalin, kortisol dan radikal bebas yang disebut zat kimia jahat. Selain itu dapat juga menurunkan tekanan darah dan detak jantung, mengurangi kadar kolesterol jahat. Sistem immune juga dirangsang dengan tertawa, yaitu salah satunya melalui sel antikanker yang akan memakan sel kanker dalam tubuh.

So...tertawalah sepuas-puasnya...nikmatilah, itu juga merupakan salah satu olahraga kok... bikin sehat juga.. jadi jangan terlalu serius... tapi juga jangan tertawa berlebihan...lihat situasi dan kondisinya...supaya gak disangka orang gila...

(media sehat, sinar harapan)

Komentar :

ada 3 comments ke “Sehat dengan tertawa....”
Anonymous said...
pada hari 

thank's banget ya...

Nobuo said...
pada hari 

Mari kita budayakan tertawa!!!
Hahahaha....
btw.. Makasih ya infonya...

Anonymous said...
pada hari 

Hu'ummm....bener banged...

Post a Comment

jangan lupa comment-nya ya.... Terima kasih...