Mengetahui kosmetik basi

28 August 2008


Kemarin gw mau ada acara, gak begitu penting sih sebenarnya, tapi acara tersebut agak mengharuskan gw berdandan...so gw buka kotak tempat make up gw...gw liat lipstik gw...tapi...gw lupa kapan terakhir gw pake...kayaknya sih udah lama banget...gw jadi bingung mau dipake atau gak...akhirnya dengan keterpaksaan, gw gak pake tuh lipstik, jadi cuma pake lip balm aja...abis takut lipstik-nya udah gak bagus atau bisa dibilang basi...kan malah jadi penyakit...

Nah disini gw mau ngasih tau bagaimana cara untuk mengetahui apakah kosmetik kita itu masih aman atau sudah basi(gak bagus)...



1. Untuk eyeshadow, gantilah eyeshadow Anda setiap 3-6 bulan sekali. Gunakan kuas agar eyeshadow dapat bertahan lebih lama. Salah satu ciri eyeshadow yang sudah gak bagus yaitu akan menjadi butiran bubuk dan mudah pecah.

2. Jika Anda menggunakan lipstik atau lip gloss, gantilah lipstik atau lip gloss Anda setelah 6 bulan,jika menggunakan lip gloss langsung dari tangkainya dan menggunakan lipstik dengan kuas maka Anda dapat menyimpannya hingga setahun. Karena bakteri dan kuman akan lebih mudah masuk saat menyentuh lipstik atau lip gloss.

3. Ciumlah foundation Anda sebelum menggunakannya. Saat Anda mendapatkan bau yang menyengat dengan tekstur yang lebih lengket, segera singkirkan karena sudah tidak bagus. Foundation jenis loose powder ataupun pressed powder dapat bertahan hingga 1-2 tahun. Tapi tak ada salahnya jika mengganti foundation setahun sekali untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan pada kulit Anda.

4. Jika Anda suka menggunakan pelembab dalam kemasan cup, maka gantilah setiap 3 bulan sekali. Sebaiknya pilih pelembab dalam kemasan botol sehingga meminimalkan kontak dengan jari. Karena jari yang bersentuhan langsung menyimpan sejuta kuman yang mampu pindah dalam sepersekian detik. Jika pelembab sudah berubah warna maka segeralah disingkirkan karena sudah kadaluarsa.

5. Gunakan kuas khusus untuk blush on agar bertahan lebih lama, sebaiknya hindari menggunakan jari saat mengaplikasikannya. Blush on yang memiliki tekstur creamy dapat bertahan hingga empat bulan, sedangkan blush on dengan tekstur powder dapat bertahan 5-6 bulan. Ciri blush on yang kadaluarsa sama dengan ciri eyeshadow yang sudah kadaluarsa yaitu akan menjadi butiran bubuk dan mudah pecah.

6. SPF memang sangat penting bagi kulit namun SPF yang masih baik digunakan ialah yang berwarna putih bersih. Jika warnanya sudah kuning kecokelatan atau sudah berumur 4 bulan, segeralah ganti dengan yang baru karena hal tersebut sudah menandakan kadaluarsa.

7. Bukan hanya wajah dan tubuh saja yang perlu diperhatikan, tetapi salah satu bagian terkuat dari tubuh Anda juga harus mendapatkan haknya yaitu kuku. kuku yang memiliki fungsi perlindungan juga harus tetap sehat. Ganti nail polish Anda setiap 1 tahun sekali setelah kemasannya terbuka. Perhatikan aromanya, jika menimbulkan bau menyengat dan tak sedap sebaiknya cepat singkirkan.

Sekarang sudah tau kan? Ayo coba liat kosmetik yang Anda punya...jangan pakai kosmetik yang sudah lama dibuka dan tidak Anda pakai...lebih baik dibuang dan beli yang baru, daripada bermasalah dengan kecantikan Anda. ya gak?

moga bermanfaat ya....

(media Indonesia)

Komentar :