Manfaat Brokoli...

05 September 2008


Hmm...klo udah denger nama sayur yang satu ini, jujur, gw gak suka......(sayur apa sih yang gw suka???) entah kenapa, tapi rasa di mulut tuh gak enak banget....kalo' pecel gw suka....hohoho..

Koq malah ngomongin makanan...puasa ney.... ya muuph...

Tapi sejak gw baca tentang si brokoli ini....ng...gw udah ada niat mw makan...hehehe...baru niat tapi...

Ternyata manfaatnya banyak banget...salah satunya mencegah kanker...bagus kan?

Akan gw coba...untuk memakannya....



Brokoli (Brassica oleracea L.) merupakan tanaman sayuran yang termasuk dalam suku kubis-kubisan atau Brassicaceae. Bagian brokoli yang dimakan adalah kepala bunga berwarna hijau yang tersusun rapat seperti cabang pohon dengan batang tebal. Dan sebagian besar kepala bunga tersebut dikelilingi dedaunan. Brokoli paling mirip dengan kembang kol, namun brokoli berwarna hijau, sedangkan kembang kol putih.

Brokoli kaya akan provitamin A/karotenoid, vitamin E, asam folat dan vitamin C. Selain mengandung banyak vitamin, brokoli juga mengandung beragam mineral penting seperti kalsium, potasium, kalium, besi dan selenium. Zat lain yang terkandung di dalam brokoli adalah sulfur dalam bentuk glukosinolat, senyawa antidot, monoterpene, dan genestein. Brokoli juga mengandung nutrisi, fivonoid dan serat yang bermanfaat untuk mencegah konstipasi/sembelit dan gangguan pencernaan lainnya.

Manfaat brokoli bagi kesehatan tubuh adalah sebagai berikut:

1. Memperkecil resiko terjadinya kanker kerongkongan, perut, usus besar, paru, larynx, parynx, prostat, mulut dan payudara, sebab Sulforaphan, zat antioksidan pada brokoli dapat membantu tubuh menghilangkan atau menetralkan karsinogenik, zat penyebab kanker. Vitamin A pada brokoli mengandung antioksidan (penangkal radikal bebas) yang lebih baik ketimbang antioksidan yang hanya dimiliki vitamin C saja. Dan kandungan anti-acetylcholinesterase-nya juga dapat mencegah kanker prostat.

2. Membantu menurunkan resiko gangguan jantung dan stroke.

3. Mengurangi resiko terkena katarak.

4. Membantu melawan anemia.

5. Mengurangi resiko terkena spina bifida (salah satu jenis gangguan kelainan tulang belakang).

6. Meningkatkan daya kerja otak
Peneliti dari Royal Pharmaceutical Society membuktikan bahwa brokoli mengandung senyawa yang mirip dengan obat-obatan penyakit Alzheimer. Alzheimer adalah bentuk dementia (berkurangnya ingatan) yang paling umum dijumpai di kalangan orang tua yang disebabkan oleh enzim acetylcholinesterase. Brokoli dianggap memiliki sifat anti-acetylcholinesterase paling kuat.

7. Mengatur tingkat gula darah
Kandungan chromium di dalam brokoli dapat mengatur tingkat gula darah sehingga brokoli sangat disarankan untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Dengan mengkonsumsi brokoli dalam jangka panjang, seseorang bisa mengurangi penurunan kadar acetylcholine di sistem saraf pusatnya. Artinya, brokoli juga dapat menjadi makanan alternatif bagi orang-orang yang tidak ingin pikun pada masa tuanya. Kandungan vitamin C pada brokoli jumlahnya juga lebih banyak daripada jeruk. Bahkan, kandungan kalsium brokoli juga lebih besar dibandingkan dengan segelas susu. Brokoli juga mengandung lebih banyak serat daripada sepotong roti gandum.

Seorang peneliti di Amerika Serikat mengatakan bahwa mengonsumsi brokoli banyak memberi manfaat positif bagi kesehatan tubuh. Salah satu manfaat positifnya adalah melindungi jantung dari sel-sel perusak. Makan lima jenis buah dan sayuran berbeda dalam sehari bisa mengurangi risiko serangan jantung koroner. Brokoli bisa direkomendasikan sebagai salah satu sayuran yang dikonsumsi setiap hari. Profesor Dipak Das dari Universitas Connecticut menambahkan bahwa di dalam brokoli terkandung zat sulforaphane yang efektif untuk mencegah kerusakan pada jantung. Brokoli sebaiknya direbus, agar zat-zat di dalamnya dapat bekerja efektif dan tak hilang.

Yah...begitulah...memang gak ada salahnya makan brokoli. Bagus banget buat kesehatan... tapi....hiks... gak suka...

Tapi okelah...gw bakal coba...kalo' ada yang maw masakin bwt gw...hehehe...kamu maw masakin bwt gw??? Kirim ayo....berhadiah ucapan enak dari gw.... wkwkwkwk....

Gw bermurah hati nih...maw ngasih resep...ini dari mbak Fitri <

Brokoli Cheese

Bahan2nya:

Brokoli (biasa beli yg harganya 5rb-an), buang batangnya, potong kecil2, rebus dg air garam

Sauce:

3 siung bawang putih, geprek, rajang halus
1/5 bawang bombay gede, rajang
Ayam fillet dipotong kecil2 (ngga usah banyak2)
Susu plain cair
Terigu
Keju, parut atau cincang kecil
pala bubuk
merica bubuk
kecap ikan
Mentega
garam

Caranya...
1. Pertama2 ayam dilumuri dg kecap ikan dan merica. Diamkan se-jam (baiknya simpen di kulkas), tapi kalo cepet2 5 menit jg tetep enak.
2. Tumis bawang putih dan bawang bombay dg mentega. Setelah wangi, masukin fillet ayam. Tunggu hingga agak matang
3. Masukin susu cair, aduk2, garam, merica, pala bubuk, terus masukin keju. Tunggu sambil berdoa (kan belum buka...) supaya kejunya meleleh.
4. Masukin terigu dikit aja sambil terus diaduk
5. Begitu kekentalan sesuai yg diinginkan, udah deh selesai..
6. Last, siram saus putih cheese ini ke Brokoli yg sudah direbus...

Dah jadi lom??? Kirim ke gw ya....

Moga bermanfaat....




iMeN cUte...
(berbagai sumber)

Komentar :

ada 4 comments ke “Manfaat Brokoli...”
Ulie Azhar said...
pada hari 

Saya juga tidak suka sayur sampe sekarang :D

Hanya mencoba 'bertahan' hidup dengan kangkung dan bayam hehe..

imen said...
pada hari 

Wwaaaahhhh.....

Qt sama banget mbak...

Hanya dengan kangkung dan bayam...

hohoho

lia said...
pada hari 

i love brokoli

Kaharuddin Eka Putra said...
pada hari 

Artikelnya sangat bermanfaat, terimakasih banyak ya. Cara Hidup Sehat | Penginapan Dekat Bandara Syamsudin Noor

Post a Comment

jangan lupa comment-nya ya.... Terima kasih...