Aiko : Robot Cerdas Yang Cantik

18 December 2008

This-Robot-Could-Be-Your-Perfect-Wife-2 

Pernahkah kalian lihat sebuah robot yang bisa berbicara ? Tentu saja pernah. Pernahkah kalian lihat robot yang bisa melakukan apa yang diperintahkan oleh manusia ? Sering, karena memang itu tujuan robot dibuat kan, untuk membantu atau meringankan pekerjaan manusia ? Lalu, pernahkan kalian lihat sebuah robot, yang seukuran manusia, mempunyai wajah yang cantik, cerdas, dan dapat berbicara dalam dua bahasa berbeda ? Jika belum, temui Aiko.

When Science Meets Beauty... Coba lihat gambar di atas. Ya, itu dia Aiko, sebuah robot buatan Le Trung, seorang lulusan York University, Kanada. Aiko juga merupakan robot atau tepatnya android yang benar-benar fungsional, yang dibuat Kanada, atau tepatnya seseorang dari Kanada. Ya, karena tepatnya Le Trung sendiri yang membuat hardware dan software Aiko ini. Le Trung membuat Aiko ini sekitar 2 tahun yang lalu, dan menghabiskan dana pribadi kurang lebih $25,000 !!! Sebenarnya tidak seluruhnya dana pribadi.. Uang sebanyak itu sebagian ia dapatkan dari pinjaman Bank dan hasil penjualan mobil satu-satunya waktu itu... Sedikit miris memang karena sampai saat ini pun Le Trung belum mendapatkan sponsor untuk pengembangan Aiko lebih lanjut.

 

aiko

 

Lalu, apa saja keistimewaan dari cewek, ng.. maksud saya, robot yang cantik ini ? Let’s see... Menurut Le, pembuatnya, Aiko adalah android pertama dari Kanada yang dapat merasakan rasa sakit dan sentuhan, serta bagaimana bereaksi terhadapnya. Tak cukup sampai di situ, menurut Le Trung ( 33 ), Aiko juga dapat mengenali dan menghafal berbagai macam suara, wajah, gerakan, objek 2D dan 3D... Bentar, belum puas sampai di situ, android cantik yang mempunyai tinggi badan 151 cm dan ukuran tubuh 82-57-84 ini dapat berinteraksi dan berbicara dengan orang-orang sekitarnya serta membaca tulisan atau koran dalam 2 bahasa, yaitu bahasa Inggris dan Jepang. Selain itu, Aiko juga dapat menyelesaikan soal matematika yang ditunjukkan kepadanya, dan dapat mengakses berbagai server untuk mengetahui letak suatu tempat di dunia, beserta keadaan cuaca saat itu.

Berita terakhir yang didapatkan dari The Sun dan Softpedia, robot cantik yang memiliki bintang Scorpio ini juga dapat mempelajari makanan dan minuman apa saja yang disukai oleh pembuatnya, dan mampu untuk menyiapkannya.. Wow !!

 

fembotem

Kemampuan “spesial” yang dimiliki oleh Aiko ini didapat dari software B.R.A.I.N.S ( Biometric Robot Artificial Intelligence Neural System ) yang didesain oleh Le Trung. Dan sampai saat ini, pria berkacamata ini akan terus mengembangkan kemampuan yang dimiliki oleh “kekasih”-nya tersebut. Terutama kemampuan Aiko untuk berjalan layaknya manusia, setelah Le mendapatkan kucuran dana dari sponsor, yang sampai saat ini terus dia cari.

Ada satu pernyataan yang mengejutkan keluar dari mulut Le Trung, ketika seseorang menanyakan kepadanya tentang apakah Aiko juga bisa dibuat menjadi layaknya wanita pada umumnya.. Le Trung menjawab, “ Software-nya bisa saja saya desain ulang supaya dia juga dapat merasakan rangsangan pada organ seksualnya... “.. What ??? Le Trung juga berharap jika kelak nanti Aiko sudah “sempurna”, ia akan membuat Aiko-Aiko yang lain, dan mungkin juga akan dijual bebas ke pasaran..

Anyway, apa yang telah dilakukan oleh Le Trung ini dapat menjadikan inspirasi dan merupakan sebuah batu loncatan yang besar kepada umat manusia untuk mengembangkan dan menciptakan teknologi yang lebih canggih dan lebih berguna. Oh iya, sebelum ditutup, aku kasih deh video-video tentang Aiko ini... Monggo diliat.... Comment-nya jangan lupa ya ??

( Nobuo Okta : Info lebih lanjut termasuk yang mau ikut donasi liat di sini )

Komentar :

ada 8 comments ke “Aiko : Robot Cerdas Yang Cantik”
Anonymous said...
pada hari 

Woww... gila ya?Keren banget tuh yg buat... sbnrnya pinteran mana robot itu ma yg buat,,,
yg jelas bukan pinteran gua,,, HAHAHA,,,^_^;

Anonymous said...
pada hari 

saluut ma tuh orang

leny valenia said...
pada hari 

itu yg sering dialamin ama inventor umumnya..merek punya ide,,but no money to make it real until they have to sell their treasure,.,moga" cepet dpt sponsor deh.. ^^

Anonymous said...
pada hari 

sumpahh kerenn bangett robottnyyaa ...
salutt dehh samaa yangg buatt....

junaidi said...
pada hari 

Dagh cantik pintar lg..
sayang hanya sebuah robot...

Anonymous said...
pada hari 

MASIH PINTERAN YANG MENCIPTAKAN.... DIBANDING SI PEMBUAT... BUT IT'S GOOD HUMAN...

Anonymous said...
pada hari 

waouh....waouhhh....keren abiezt thue robot ...
hm pnciptax thue pinter banget yacg so dpat mnciptakan tknologie yg sangadd,....sangaddd... CANGGIE ...
pnciptax thue IS THE BEZT BNGET THE....

Andie Fiesta said...
pada hari 

Mau dong DiKasih Aiko..

Post a Comment

jangan lupa comment-nya ya.... Terima kasih...