Amankah minum PUYER ???

15 February 2009

Akhir-akhir ini, banyak banget masalah berkembang dari sebuah puyer, banyak perdebatan tentang penggunaan sediaan obat puyer di masyarakat. Banyak yang menentang penggunaan puyer, tapi banyak juga yang mendukung penggunaan puyer.

Puyer yang dikenal ada 2 macam, yang pertama puyer yang dibuat oleh pabrik-pabrik farmasi biasanya untuk orang dewasa, seperti puyer sakit kepala. Dan yang kedua adalah puyer yang dibuat oleh farmasis/apoteker di rumah sakit, atau apotek. Dan yang menjadi perdebatan disini adalah puyer yang kedua, yaitu yang dibuat oleh farmasis/apoteker.

Sebenarnya bagaimana sih sebuah puyer itu dibuat???


Puyer itu dibuat dengan mencampurkan beberapa macam obat yang diresepkan oleh dokter ke dalam suatu wadah yang disebut dengan mortar. Kemudian obat-obat tersebut digerus sampai halus, dan sampai benar-benar homogen. Setelah itu serbuk yang sudah jadi, dibagi-bagi kedalam kertas pembungkus.

Trus, apa masalahnya?
Nah, disini kita akan bahas apa sebenernya keuntungan dan kerugiaan dari sediaan obat puyer.

Kerugian :

1. Tidak higienis

Kenapa dikatakan tidak higienis??Ketidak-higienisan bisa karena macam-macam hal.Bisa saja dari mortar atau stamper yang akan digunakan,masih tersisa obat-obatan sebelumnya. Sehingga tingkat higienitasnya menjadi rendah, dan dikhawatirkan kalau obat-obat yang bercampur tersebut akan bereaksi (menjadi bentuk senyawa lain yang mungkin bisa membahayakan, atau tidak berpotensi). Selain pada mortar atau stampernya, mungkin juga pada tangan peracik yang dalam hal ini apoteker atau asisten apoteker. Sebaiknya peracik menggunakan sarung tangan untuk meracik dan mencampurkan obat-obat tersebut. Selain itu juga mungkin bisa dari kertas pembungkusnya.

2. Tidak homogen
Ketidakhomogenan mungkin saja bisa terjadi. kehomogenan bisa dilihat dari warnanya, kalau obat-obat tersebut berwarna, saat digerus kehomogenan dilihat dari warna yang sama rata. Tetapi yang bermasalah adalah apabila warna dari obat-obat tersebut semuanya sama, putih. Akibatnya, kita tidak dapat tahu apakah obat-obat tersebut sudah bercampur rata atau belum. Dan hal ini dapat berbahaya sebab bisa saja di satu kertas, obat A lebih banyak daripada obat B/C, sedangkan di kertas lainnya obat C lebih banyak daripada obat A/B.
(Tapi kalau tidak salah, sebagai orang yang pernah bergulat di perkuliahan farmasi nih... Untuk membantu melihat homogenitas campuran serbuk yang warnanya sama dapat digunakan carmin/pewarna yang tidak berinteraksi dengan obat)

3. Takaran tidak akurat
Ketidakakuratan ini akan berhubungan dengan dosis nantinya. Kenapa bisa tidak akurat? Di beberapa tempat, atau mungkin di semua tempat,pembagian serbuk-serbuk obat tersebut ke dalam kertas pembungkus, tidak dilakukan dengan ditimbang, tetapi lebih dengan PENGAMATAN MATA!! Hal inilah yang bisa berbahaya, sebab mungkin di satu kertas A lebih beberapa miligram daripada di kertas B.
(Namun berdasarkan teorinya juga, bagaimanapun juga hal seperti itu dilakukan hanya untuk obat-obatan yang indeks terapinya lebar. Artinya, apabila dosisnya berlebihan tidak langsung mencapai efek toksik. Untuk obat-obatan dengan indeks terapi sempit, farmasis diharuskan menimbang puyer satu persatu).

4. Adanya serbuk yang terbuang
Dengan menggerus obat menjadi bentuk puyer, akan banyak serbuk obat yang terbuang di beberapa tempat. Misalnya, seorang dokter meresepkan Parasetamol 500 mg, oleh asisten apoteker, diambil tablet Parasetamol 500mg, dan digerus. Setelah digerus, kemudian dibagikan ke beberapa kertas pembungkus. Serbuk terbuang pertama adalah di mortar. Apalahi kalau mortar yang digunakan permukaannya tidak rata, maka kemungkinan adanya obat yang tertinggal. Serbuk terbuang yang kedua saat pembagian di kertas pembungkus, bisa saja ada yang terjatuh. Serbuk terbuang ketiga, mungkin saja serbuk tertinggal di kertas pembungkus. Serbuk-serbuk yang terbuang tersebut, mengakibatkan dosis parasetamol itu tidak lagi 500 mg, tetapi berkurang. Hal tersebut mungkin saja berpengaruh terhadap efek obat nantinya, meskipun hal ini kecil kemungkinannya.

5. Polifarmasi

Polifarmasi sangat mungkin terjadi pada sediaan puyer. Adanya berbagai macam obat yang dicampur menjadi satu, dapat menimbulkan interaksi obat, selain itu juga mungkin akan timbul efek samping, atau juga bahkan bisa meningkatkan toksisitasnya.(Disinilah peran farmasis sangat dibutuhkan. Saat menerima resep dari dokter, pertama kali yang harus dilakukan seorang farmasis adalah melakukan screening resep, baik secara administratif untuk mencegah kemungkinan resep palsu, secara farmasetis untuk mencegah timbulnya interaksi obat selama pencampuran, dan secara farmakologis untuk mencegah kerugian obat setelah masuk ke dalam tubuh, baik karena efek samping maupun dosis).

6. Kestabilan terganggu
Stabilitas obat tertentu dapat menurun bila bentuk aslinya digerus, misalnya bentuk tablet salut selaput (film coated), tablet salut selaput (enteric coated), atau obat yang tidak stabil (misalnya asam klavulanat) dan obat yang higroskopis (misalnya preparat yang mengandung enzim pencernaan).

7. Rusaknya obat karena digerus
Misalnya saja obat tersebut dari pabrik dibuat salut enterik, dimana obat akan dilindungi agar tidak rusak karena pengaruh asam lambung, tetapi kemudian obat tersebut digerus, maka pelindung obat tersebut akan rusak, dan saat masuk ke dalam tubuh, obat terkena cairan asam lambung, obat tersebut akan rusak, sehingga tidak berefek, atau bahkan toksisitasnya meningkat.

8. Human error tinggi
Pada proses pembuatan puyer di apotek/rumah sakit, semua dilakukan oleh manusia, sehingga kemungkinan terjadi kesalahan sangat besar, misalnya saat pembagian, dan penggerusan. Berbeda dengan pembuatan puyer di pabrik yang hampir semuanya dikerjakan oleh mesin yang sudah dengan tingkat higienitas tertentu,spesifikasi tertentu, dan tingkat keakuratan yang tinggi.

9. Ketidaktersediaan label pada kemasan
Tidak adanya label pada kemasan, membuat masyarakat tidak bisa mengetahui isi sediaan obat puyer, padahal hal tersebut penting apabila terjadi masalah, misalnya alergi, keracunan, atau interaksi,dan akibatnya sulit untuk mengetahui zat aktif obat yang mana yang menyebabkannya.

10. Terjadi interaksi obat

11. Meningkatnya toksisitas

Bagaimanapun, hal-hal yang menimbulkan kerugian seperti yang telah disebutkan di atas seharusnya telah dipertimbangkan oleh seorang farmasis (yang berkompeten!) saat menerima resep pertama kali. Hal ini berlaku untuk resep obat bentuk apapun,tidak hanya puyer. Jadi, kalaupun yang dipermasalahkan adalah prosesnya yang konvensional sehingga dianggap kurang menguntungkan, maka perlu dipertimbangkan pula mengapa sebagian dokter memutuskan masih memberikan obat dalam bentuk puyer.

Keuntungan :

1. Dosis tepat
Terlepas dari banyaknya kekurangan dari puyer, menurut beberapa dokter puyer ini baik sebab dapat menggunakan dosis yang tepat sesuai dengan berat badan dan umur anak. Sehingga efeknya akan lebih tepat dan sesuai dengan fisik anak.

2. Mudah diminum

Anak-anak biasanya susah untuk meminum tablet atau kapsul, sehingga para dokter lebih sering meresepkan puyer, agar anak-anak mau meminum obat.

3. Lebih manjur
Kemanjuran disini disebabkan karena obat yang diminum sesuai dengan dosis menurut berat badan dan umur.

4. Mudah diserap
Suatu obat, misalnya berbentuk tablet. Saat masuk ke dalam tubuh, obat akan mengalami disintegrasi (pecah), lalu kemudian mengalami disolusi (larut). Dan untuk puyer, puyer tidak perlu mengalami disintegrasi lagi, tetapi akan langsung larut,diabsorpsi,dan disebar ke seluruh tubuh.

5. Harga lebih murah
Tetapi ternyata tidak juga, ada beberapa apotek yang mengatakan kalau obat dengan puyer akan lebih mahal daripada obat paten, sebab puyer terdiri dari berbagai macam obat, selain itu juga biaya untuk pembuatannya.

6. Mempermudah pasien meminum obat
Hal ini terutama apabila obat yang harus diminum pasien berjumlah banyak, maka saat dibuat puyer, pasien hanya perlu meminum 1 macam sediaan, karena semuanya sudah dicampur.

Jadi bagaimana?? Lebih banyak kerugiannya daripada keuntungannya. Tetapi semua ini masih kontroversi.

Apabila kita lihat dari segi keuntungannya, mungkin kita bisa buat semacam peraturan atau kesepakatan agar kerugian-kerugiannya bisa diatasi, misalnya :
a. membuat daftar obat yang dapat dibuat puyer atau tidak dapat dibuat puyer

b. memberikan label/tanda pada kemasan sediaan obat tablet bahwa obat tersebut dapat atau terlarang untuk dijadikan puyer

c. menetapkan standar minimal prosedur,tempat,dan peralatan pembuatan sediaan puyer/turunannya di apotek atau praktik dokter sehingga kebersihan dan ketepatan takarannya memenuhi standar.

d. memberikan label pada kemasan sediaan obat puyer yang mencantumkan isi dan takaran obat yang terkandung, tanggal kedaluwarsa, cara penyimpanan, beserta nama dan alamat peraciknya.

e. memberikan pendidikan berkelanjutan kepada dokter dan apoteker agar selalu memperhatikan interaksi obat dan efek samping saat meresepkan/meracik obat.

sedangkan kalau kita melihat dari banyaknya kerugian, mungkin akan lebih baik apabila :
a. minta obat dalam bentuk sirup kepada dokter atau apoteker

b. ajari anak meminum tablet atau kapsul

c. lebih baik mencegah penyakit dengan meningkatkan sistem imunitas tubuh, daripada menghilangkan atau meredakan penyakit.

d. minum antibiotik hanya untuk penyakit yang disebabkan karena bakteri, sebab meminum antibiotik terlalu banyak malah akan menurunkan sistem imunitas tubuh.

(beberapa situs)

imen_cute

Komentar :

ada 18 comments ke “Amankah minum PUYER ???”
Anonymous said...
pada hari 

yup...

men...
kenapa ya kita orang2 farmasi jarang banget show up untuk ngasih tau sedikit aja dari sedikit ilmu yang kita punya untuk masyarakat luas... Jadi jangan sampe keburu ada korban dulu dan di-blow up media baru kita ikut2an ngomong (mending ada yang ngomong...lha ngerespon hal2 kayak gini aja jarang...atau emang aku yang kuper banget yak??)

Kapan farmasis bicara??

Usul men, daripada blogmu bicara hal2 "penting gak penting" (hehe...sori sori...) dan terlalu luas,,mending khususkan aja tentang dunia obat...
kalo blognya dokter biasanya bicara tentang dunia pengobatan dan kesehatan,,kita bicara tentang obatnya

oke oke
sukses selalu :)

ipanks said...
pada hari 

wow kali ini postingnya lengkap dan komplet plet plet.oghh jadi imen ini kuliah di farmasi tho?wow ahli obat-obatan dunk men

imen said...
pada hari 

@ eyang potter nih kayaknya....
nah itulah dya... jarang banget farmasis bicara, hiks...

mudah2an lambat laun dengan tulisan banyak yg mau bicara....

tp kan blog ini maksudnya buat pengetahuan umum..... ya ntar deh, siapa tau imen bs buat blog lain yg khusus ttg obat....

doakan saia...(tp lg stress kuliah nih... diusahain deh...)

@ ipanks
ya ampuuuuunnnnn.... kok baru ngerti?? gak pernah baca profil imen nih... :D

didiet said...
pada hari 

sekarag emang lagi hot2 nya tentang puyer ya

bocah gatel said...
pada hari 

huehehe..
uda lama gak makan gituan...
takut efeknya... hoho..

~link udah gw pasang, link balik ya.. salam knal.. :D

forNez said...
pada hari 

cihui..imen jadi terkenal skg loh...
yuk bkin komunitas bloger cew jogja ...
blom ada kan imen....FORNEZ...

jihaaad said...
pada hari 

aslm mbak..
wah, belum baca aja udah puyer aku.. eh.. puyeng..

mungkin lebih baik kalo ga harus minum obat alias sehat..
tp itu juga bukan solusi ding..

r1d0aja said...
pada hari 

iyo, aku jg ga pernah baca profile`nya, jd baru tau kalo imen di farmasi... ;D

ah, aku msh ga percaya ma obat²an gitu sech,, krn sebenernya tubuh udah mempunyai antibodi sendiri, khan?

asopusitemus said...
pada hari 

Ah, gue sih pasrah aja, yakin aja bahwa yg gue minum itu bersih, higienis. Waktu kecil gue kan obatnya selalu puyer, belom bisa minum pake pil ato tablet. Baru bisa minum tablet gitu kelas 2 SMP.... >.<

Minum pake puyer pahitnya kerasa banget... -_-'

Anonymous said...
pada hari 

owh.. anak ugm yah.
semester brapa nih?

Anonymous said...
pada hari 

belajar forex

forex

bisnis internet

internet marketing

belajar internet marketing

belajar internet marketing

internet marketing

bisnis internet

best forex robot

best forex robots

forex robots

forex robot

forex signal

forex signals

diet

cara diet

diet sehat

diet alami

langsing

langsing sehat

langsing alami

obat diet

menu makanan diet

tips diet

Forex Trading System said...
pada hari 

Puyer mah pahit..mending minum kapsul aja..:D

forex said...
pada hari 

I have enjoyed visiting this site today and hope to visit many more times in the future. I bookmarked this page. I really like your site. I'll bookmark the other pages when I have time :)

Forex Trading System

Treadmill Running Machine

Membership Site

Latest Technology News

Computer Games Hardware

Marine Electronic

Bisnis Internet

belanja said...
pada hari 

makasih infonya peluang bisnis internet | peluang bisnis online | bisnis sampingan

cara mengecilkan perut said...
pada hari 

untung lbg suka nelen tablet drpd puyer :D

tips diet said...
pada hari 

hmmm, kl bahaya gitu knp tdk ada yg mengatur soal pembuatan obat puyer y???

khonmanrak said...
pada hari 

Thank for sharing.
เสื้อบอล | มะนาว | สุนัข | ภาพเคลื่อนไหว | เครื่องสำอาง | Printable Checkbook Register | Foreclosure Process | Waterpik Ultra Water Flosser | Cheap vacuum | Best Vacuums For Pet Hair

bloggerforex said...
pada hari 

forex news

harga emas

berita forex

investasi emas

online trading

forex trading

jasa keuangan

broker forex

foto prewedding unik

Post a Comment

jangan lupa comment-nya ya.... Terima kasih...