Dede 'Si Manusia Akar' Semakin Membaik

14 September 2008

Siapa sih yang gak kenal Dede? Kalian pasti udah tahu siapa yang beberapa waktu lalu heboh disebut sebagai Manusia Akar ( ada juga yang menyebutnya si Manusia Pohon ). Ya, dia adalah mas Dede, nama lengkapnya Dede Koswara.

Setelah selama beberapa bulan ( kurang lebih 9 bulan ) menjalani operasi pengangkatan “akar”-nya, kini keadaan mas Dede mulai membaik. Ia sudah bisa menggunakan kembali tangannya untuk menulis, makan, atau bahkan menggunakan handphone.

Tapi tahukah Anda bahwa ada orang lain lagi selain Dede yang mengidap penyakit yang sama dengan Dede?



Spoiler for Foto Dede:






Spoiler for Yakin mau liat??:






Spoiler for OK deh....:






Spoiler for Jangan terpesona ya.... :





















Mas Dede masih perlu menjalani beberapa operasi lagi untuk mengangkat semua “akar” yang menempel di tubuhnya, yang disebabkan oleh infeksi dari Human Papilloma Virus. Operasi selanjutnya direncanakan akan dilakukan bulan Oktober, setelah bulan puasa ini. Selain dengan operasi, dia juga diberikan pengobatan intensif, termasuk vitamin A untuk mencegah tumbuhnya kutil-kutil itu lagi.

Ternyata selain Mas Dede, ada lagi orang yang terkena penyakit yang sama dengan Mas Dede. Orang tersebut bernama Zaenal dari Bandar Lampung.


Spoiler for Yang lain nih... :









Zaenal (39), manusia akar asal Bandar Lampung, telah menjalani operasi pertamanya di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto, Jakarta, Senin (26/5). Menurut rencananya, pria yang masih lajang itu mesti menjalani sepuluh kali operasi lagi untuk mengangkat dan membuang seluruh tonjolan daging yang menyerupai akar pohon di 70 persen bagian tubuhnya.

Tonjolan daging menyerupai akar pohon itu terutama tumbuh dan membesar di kedua lengan dan kaki hinggga membuat jari kaki dan tangan tertutup tonjolan-tonjolan daging tumbuh. Tonjolan-tonjolan daging ini juga tumbuh di beberapa bagian tubuh Zaenal walaupun tak terlalu besar, antara lain pada kepala dan punggung.

Kepala Tim Dokter Penanganan Manusia Akar RSPAD Gatot Subroto dr Asrofi S Surachman mengungkapkan, apa yang dialami Zaenal ini sama dengan apa yang terjadi pada Dede, manusia akar asal Jawa Barat. Menurutnya, penyakit kulit yang menyerang Zaenal dan Dede secara medik disebut verruca vulgaris generalisata (VVG). "Biasanya penyakit berupa tonjolan daging kecil yang tumbuh ini disebut kutil. Namun, pada Zaenal dan Dede tonjolan ini meluas sangat lebar dan hampir memenuhi bagian tubuh tertentu. Hal ini jarang terjadi," ujarnya.

Asrofi mengatakan, penyakit VVG disebabkan oleh virus menular yang disebut human papiloma virus (HPV). "Sampai saat ini belum diketahui mengapa pada orang-orang tertentu sangat rentan terhadap human papiloma virus, sehingga di seluruh tubuhnya mudah timbul tonjolan daging dan imunitasnya menurun," ujarnya.

Operasi pertama yang telah dijalani Zaenal, menurut dr Asrofi, cukup berhasil dan telah menghilangkan atau mengangkat tonjolan-tonjolan daging yang tumbuh di sepanjang lengan kanan mulai dari pergelangan tangan hingga siku. Setelah tonjolan daging diambil, lengan kanan mulai dari pergelangan hingga siku itu ditutup oleh kulit pelapis yang diambil dari kulit perut warga Jalan Gadjah Mada, Gang Burung 77, Bandar Lampung, itu.

Pada operasi pertama, beberapa tonjolan daging kecil di lengan kanan atas Zaenal juga diangkat dan dihilangkan. Operasi pada Senin (26/5) lalu itu berlangsung enam jam mulai pukul 09.00 sampai 15.00, dan melibatkan 16 dokter spesialis.

"Tonjolan-tonjolan daging tumbuh yang menutupi jari dan telapak tangannya belum kami buang lewat operasi. Tonjolan yang menutupi jari dan telapak tangan Zaenal akan kami buang pada operasi kedua, Senin (16/6) mendatang," ujar dr Asrofi. Dikatakan, rencananya akan ada 11 kali operasi yang mesti dilakukan untuk membuang semua tonjolan daging yang tumbuh di tangan, kaki, dan beberapa bagian tubuh Zaenal. Diperkirakan, penyakit ini sudah diidap Zaenal selama 15 tahun.

Untuk sementara, seluruh biaya perawatan dan operasi akan ditanggung pihak RSPAD. Diperkirakan, seluruh biaya perawatan dan 11 kali operasi ini mencapai sekitar Rp 500 juta.

Banyak hikmah yang dapat kita ambil dari dua kejadian itu. Salah satunya adalah rasa syukur terhadap apa yang kita miliki sekarang... Allah Maha Adil. Semuanya sudah diatur oleh Allah, sekarang tinggal bagaimana kita berusaha dan bersyukur atas apa yang telah diberikan Allah kepada kita.
(Kompas)


Komentar :

ada 5 comments ke “Dede 'Si Manusia Akar' Semakin Membaik”
cena said...
pada hari 

hore pertamax.... halah -_-"
ya ampun spoilernya banyak amed...
haaaaaaaaaaa sereeeeeeeeem.....


alhamdullilah deh kalo udah sehat....
serem juga sih....ngeliatnya

chiero said...
pada hari 

trnyta ada banyak,

aku kira hanya satu,

cobaan yang di Atas mungkin

aprie said...
pada hari 

innalillahi..
kalo dah gini berasa berharga bisa sehat gini..

betewe dah pernah denger manusia kawat dari Samarinda?
di perutnya keluar kawat2, setiap dicabut pasti keluar lagi...

Anonymous said...
pada hari 

merinding...bulu kuduk ampe berdiri,ga maw brenti help!!

Anonymous said...
pada hari 

belajar forex

forex

bisnis internet

internet marketing

belajar internet marketing

belajar internet marketing

internet marketing

bisnis internet

best forex robot

best forex robots

forex robots

forex robot

forex signal

forex signals

diet

cara diet

diet sehat

diet alami

langsing

langsing sehat

langsing alami

Post a Comment

jangan lupa comment-nya ya.... Terima kasih...